Tentang Kami

Jawasastra dibentuk pada 17 Maret 2017, di daerah Yogyakarta. Jawasastra merupakan platform digital budaya Jawa online. Berfokus pada pengembangan serta eksplorasi dimensi kebudayaan Jawa modern di dunia atau era digital. Mengoptimalkan tingginya interaksi masyarakat dengan dunia digital, Jawasastra menjadi ruang untuk saling berbagi ulasan, karya, gagasan, hingga keresahan, tentang kebudayaan Jawa baik yang lampau maupun yang kini.

Ruang gerak Jawasastra meski berada di ranah budaya Jawa, tidak menutup diri dari singgungan dengan budaya-budaya lain di dunia yang masih terkait dengan budaya Jawa. Nama Jawasastra dipilih sebagai bentuk kata yang kiranya akan mudah dikenali dan melekat, karena pembalikan dari kata Sastra Jawa. Orang akan mudah mengenalinya dan langsung merasakan kedekatan dengan Jawasastra.

Website Jawasastra menghadirkan tulisan-tulisan informatif, kajian kekinian mengenai kebudayaan Jawa, karya sastra Jawa, sejarah Jawa, dan adat tradisi Jawa. Setiap pembaca bisa mengirimkan tulisannya ke website Jawasastra. Silahkan cek di kirim karya.

Program Unggulan

Ekspedisi Sastra Jawa

Dokumentasi Ekspedisi Sastra Jawa 2018, Sidorejo, Kulonprogo
Event Sastra Mawa di Ekspedisi Sastra Jawa 2018, Sidorejo, Kulonprogo
Official Teaser Ekspedisi Sastra Jawa 2018

Mengeksplorasi serta mengkreasikan sastra lisan yang tersebar di desa-desa, Jawasastra mengajak untuk mengakrabi kelisanan sastra Jawa dengan pendekatan arkeologis, lingkungan, serta kepariwisataan. Dampak yang dirasakan oleh desa yang menjadi tempat berlangsungnya Ekspedisi Sastra Jawa dapat dirasakan hingga berpuluh-puluh tahun mendatang salah satu sebabnya karena kami mengumpulkan cerita-cerita lisan di desa dalam bentuk buku. Apabila desa Anda ingin mengadakan Ekspedisi Sastra Jawa, silahkan kontak kami.

Sayembara Misuh

Poster liputan Vice pada Sayembara Misuh 2018

Sayembara Misuh merupakan media alternatif berbentuk lomba untuk mengakomodir budaya Jawa yang konon dianggap ‘bukan’ budaya Jawa, yaitu misuh. Saat ini Sayembara Misuh sudah digelar sebanyak dua kali, pada 2018 dan pada 2020.

Kartu Wuku

Saat ini kami sedang menyiapkan media pembelajaran Pawukon bernama Kartu Wuku. Anda dapat memilikinya mulai 15 Januari 2022 melalui toko online Jawasastra di Shopee maupun Tokopedia. Anda juga bisa menjadi reseller untuk Kartu Wuku, silahkan kontak kami.

Ngukara

Ruang diskusi ilmiah mengenai budaya Jawa, selama pandemi masih dilaksanakan melalui daring Zoom maupun Google Meet. Untuk mengikuti Ngukara, tidak dikenai biaya. Pelaksanaan Ngukara bersifat tidak tetap.

Lini Media

Jangan lupa ikuti lini media sosial kami untuk terus saling berkontak serta menikmati konten-konten kami.

Instagram @jawasastra

Twitter @jawasastra

Youtube Jawasastra

Kembali ke atas
%d blogger menyukai ini: